Viral Video Anak Kecil Menabrak Motor Ketika Lari Menyebrang, Siapa yang salah?

Jakarta,MRN – Beredar video viral kecelakaan di Bandung yang cukup membingungkan. Terjadi peristiwa tabrakan melibatkan pemotor dan anak kecil.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Kejadian ini viral di media social X (Twitter) Kamis 13 Juni 2024. Dalam video tampak seorang anak kecil berlari dan tanpa sengaja menabrak sebuah motor.

Rekaman ini diambil dari dashcam sebuah mobil yang berada di belakang pemotor.



Baca juga Sinopsis Joko Anwar’s Nightmares And Daydreams

Kejadian itu diduga terjadi di daerah Antapani, Bandung, Jawa Barat. Dalam video tersebut, tampak seorang pemotor melaju santai dan tidak mengebut.

Saat sedang melaju di jalur yang benar, tiba-tiba muncul seorang anak kecil yang ingin menyeberang.Anak kecil itu menyeberang dengan berlari, tanpa melihat ke kanan dan kiri.

Si pemotor juga melaju tanpa tahu ada bocah tersebut, hingga terjadilah kecelakaan. Sang anak menabrak motor yang sedang melaju hingga tersungkur ke aspal.

Kejadian ini memicu perdebatan di kolom komentar, ada yang menyalahkan pemotor sebagai penyebab kecelakaan itu.Tak sedikit pula yang menuduh anak kecil itu sebagai penyebabnya.

Baca juga Video Game Concert Kembali Akan Di Gelar, Kevin Aprilio Akan Tampil Bersama Addie MS


Siapa yang Salah

Di kutip dari Pikiran Rakyat Mengikut pada aturan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), perlu diketahui jika pejalan kaki mendapatkan prioritas. Jika dia menyeberang pada tempat yang disediakan yakni Zebra Cross.

Penjelasannya ada pada pasal 131 UU No 22/2009 yang menjelaskan kondisi pejalan kaki. Bunyinya sebagai berikut:

1. Pejalan Kaki berhak atas ketersediaan fasilitas pendukung yang berupa trotoar, tempat penyeberangan, dan fasilitas lain.

2. Pejalan Kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyeberang Jalan di tempat penyeberangan.

3. Dalam hal belum tersedia fasilitas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Pejalan Kaki berhak menyeberang di tempat yang dipilih dengan memperhatikan keselamatan dirinya.




Baca juga Setelah Lama Menikah Ruben Onsu Gugat Cerai Sarwendah

Berkaca pada kejadian di atas, bisa dibilang keduanya punya salah masing-masing. Pasalnya, sang anak tak menyeberang dengan benar tepat di Zebra Cross.

Sedangkan sang pemotor tak mengindahkan aturan soal berhenti dahulu di Zebra Cross untuk pantau pejalan kaki. Ia terancam oleh pasal 284 berbunyi:

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan Pejalan Kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah),” kata aturan itu.

Tonton vidio kejadian Viral Video Anak Kecil Menabrak Motor Ketika Lari Menyebrang



(Redaksi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *