TNI AL Adakan Sosialisasi Budidaya Tanaman Vanili

Mediarilisnusantara.com, TNI AL, Palembang – Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet, S.T., S.Sos., M.M., menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi dan Pelatihan Budidaya Tanaman Vanili.

 

Bagi Prajurit Lanal Palembang serta masyarakat yang tergabung dalam kelompok Kampung Sayur Cempako. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Ruang Sultan Mahmud Badaruddin II Mako Lanal Palembang, Senin, (7/08/2023).

 

Vanili merupakan tanaman yang cukup sulit untuk dibudidayakan. Banyak petani konvensional bahkan kelompok petani yang masih kesulitan merawat dan mengembangkan tanaman vanili. Untuk mengembangkan tanaman vanili perlu daerah yang cocok dengan ketinggian dan suhu tertentu agar menghasilkan komoditi yang berkualitas baik sesuai dengan yang diharapkan.

 

Sosialisasi dilakukan secara lisan terkait dengan pemaparan materi oleh Kasubdis Bintahwilmar Dispotmaral Letkol Laut (P) Samsul Bahri mengenai tanaman vanili, kegunaan vanili, kondisi geografis, tanah dan lingkunagn serta mikroklimat.

 

Usai penyampaian materi dilanjutkan Penanaman Vanili secara simbolis oleh Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi Agung Slamet, S.T., S.Sos., M.M., Palaksa Lanal Palembang Letkol Laut (P) Yusan Taufik, Kasubdis Bintahwilmar Dispotmaral Letkol Laut (P) Samsul Bahri, Paspotmar Lanal Palembang Mayor Laut (K/W) Dewi Tresnawati, S.Kep., Ners., Dirut PT. Pusri diwakili Direksi Operasional dan Produksi PT. Pusri Filius Juliandi, Kepala Dinas Pertanian Kota Palembang diwakili oleh Erwin Saputra, S.STP., Kabag SUP TransFormasi Bisnis Agus Waluyo, yang berlokasi di Kebun Percobaan Departement Riset PT. Pupuk Sriwijaya Palembang.

TNI AL Adakan Sosialisasi Budidaya Tanaman Vanili

Usai penanaman vanili, Kadispotmaral menyampaikan ucapan rasa syukur dengan dilaksanakannya agenda Sosialisasi dan Pelatihan Vanili yang telah digagas oleh Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Dispotmaral), sebab budidaya vanili merupakan hal yang tidak mudah, untuk itu perlu diadakan sosialisasi pelatihan.

 

Lebih lanjut beliau mengatakan, diadakannya Sosialisasi dan Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit dan masyarakat, sedangkan sasarannya adalah terwujudnya pemanfaatan lahan kosong diseluruh wilayah kerja TNI Angkatan Laut.

 

Terlaksananya program ketahanan pangan melalui budidaya tanaman vanili di daerah masing-masing untuk meningkatkan ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan keamanan, terwujudnya sinergitas dan kemanunggalan TNI Angkatan Laut dan rakyat serta terwujudnya prajurit dan masyarakat yang makmur dan sejahtera.



“TNI Angkatan Laut bekerjasama dengan Kementerian Pertanian. Polanya adalah TNI Angkatan Laut mulai menanam Pilot Project Satuan Komando Wilayah Seluruh Indonesia, nanti dari bibit itu setelah tumbuh dibagikan ke seluruh prajurit maupun masyarakat binaan dari TNI Angkatan Laut.

 

Selain itu, juga bekerjasama dengan Stake Holder dan Forkompimda yang ada di Palembang dan kebetulan di Palembang ada PT. Pusri yang juga sangat mendukung kegiatan Ketahanan Pangan ini,” ungkap Kadispotmaral.

 

Kegiatan dihadiri Danlanud SMH Palembang diwakili oleh Mayor Sus Ishak J, Kapolresta Palembang diwakili oleh Kapolsek Kalidoni AKP Ayu, Dandim 0418/Plg diwakili oleh Danramil 418-15 Lemabang Kapten Sudarsono, Prajurit Lanal Palembang, Ibu Ketua Ranting A Cabang 6 Gabungan Jalasenastri Mabesal, Ibu Ketua Jalasenastri Cabang V Korcab 3 DJA I,
PPAL, PIPAL, Masyarakat 15 Ulu serta Masyarakat 1 ilir Palembang.

(Pen Lanal Palembang)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *