Penyelenggaraan Konsolidasi Tanah Vertikal Tahun 2024 Untuk Penataan Kawasan Kumuh

Jakarta,MRN – RT 013 RW 08, Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Kota Administrasi Jakarta Barat merupakan pemukiman yang padat dan kumuh dan jauh dari kriteria hunian layak huni dan sehat.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Kanwil BPN Prov DKI dan pemerintah Jakarta Barat melakukan penataan permukiman melalui Konsolidasi Tanah Vertikal di bidang tanah seluas 90 m2 yang dihuni oleh 6 Kepala Keluarga.

Baca juga Pj Gubernur DKI Jakarta Di Dampingi Wali Kota Jakarta Barat Di Saksikan Oleh Kepala BPN Jakarta Barat Menyerahkan 9 Bidang Sertifikat HGB Warga RW 08 Palmerah


Penyelenggaraan Konsolidasi Tanah Vertikal Tahun 2024 Untuk Penataan Kawasan Kumuh
Foto hasil dari proyek penataan kawasan kumuh kampung deret

Hasil penataan berupa Rumah Flat 9 Unit Hunian dan penerbitan Hak Atas Tanah (1 Dokumen SHGB Bersama, 1 Dokumen Hak Pakai dan 9 Dokumen SHM Sarusun), terdapat pula sumbangan lahan dari masyarakat untuk jalan lingkungan seluas 2 m2.

Tujuan dari pada program Tersebut ialah Perbaikan Tanah Nilai

  • Jaminan Hak Atas Tanah
  • Peningkatan Kualitas Lingkungan
  • Penyediaan Perumahan yang Layak




Baca juga Viral Bule Denmark Perbaiki Jembatan Rusak, Kades Wakatobi Kecewa

Dalam programnya ada beberapa tahapan yaitu

  • Perencanaan konsolidasi tanah
  1. Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 369 Tahun 2024 tentang Penetapan Lokasi Konsolidasi Tanah Vertikal di Kelurahan Palmerah Kecamatan Palmerah, Kota Administrasi Jakarta Barat.
  2. Perjanjian Pemilik Tanah Sebagai Peserta Konsolidasi Tanah (KT).
  • Perencanaan Konsolidasi Tanah
  1. 0 Penyusunan desain KT dengan sumbangan tanah dari pemilik tanah berupa jalan lingkungan (TP) seluas 2 m².
  2. Penerbitan 1 Sertifikat HGB Bersama, 1 Sertifikat Hak Pakai, dan 9 Sertifikat HMSRS.




Baca juga Siap Digelar East Phoria Sport Championship

Terdapat juga sekema vertikal kolaborasi pemerintah provinsi jakarta yang bertugas untuk pendampingan masyarakat, perizinan pembangunan, inspeksi pembangunan, penataan lingkungan hidup.

Terdapat juga kementrian Agraria tata ruang/Badan pertahanan nasional yang bertugas untuk, Publikasi SHGB Bersama, Publikasi Hak Pakai, Publikasi SHM Sarusun.

Terakhir ada yayasan Budha Tzu Chi Indonesia yang Bertugas Pemberdayaan masyarakat Eksekutif Pembangunan Yayasan Buddha Tzua Chi Indonesia Transfer Ilmu Pengelolaan.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan rumah vertikal tiga lantai untuk dihuni oleh sembilan kepala keluarga (KK) di Kemanggisan Pulo RT 13/08, Kelurahan Palmerah, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, Rabu (3/7/2024).

Rumah tersebut awalnya tidak layak huni karena ada terbuat dari kayu atau non permanen.

Sekarang bangunan itu sudah berubah menjadi permanen karena seluruhnya menggunakan tembok dan jendelanya dari baja ringan.



Baca juga Pusat Data Nasional Di Bobol, Hacker Minta Tebusan Rp131 Miliar

Heru mengapresiasi Yayasan Buddha Tzu Chi karena kembali memberikan perhatian kepada warga Jakarta dalam program bedah rumah.

Ia juga mengajak 12 delegasi dari beberapa negara untuk melihat program bedah rumah yang dijalani Pemprov DKI.

“Hari ini mereka bisa mendapatkan rumah yang layak, layak huni, layak sehat, dan tentunya bisa dirawat. nanti saya titip Pak Karyo bisa juga merawat gedung ini,” kata Heru, Rabu. (m26)

(Redaksi)


Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *