Penggeledahan Kemendag Terkait KORUPSI Impor Gula

Jakarta,MRN – Baru-baru ini Kejaksaan Agung (Kejagung) menggeledah Kementerian Perdagangan (Kemendag) terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi penyalahgunaan kewenangan dalam kegiatan importasi gula di Kementerian Perdagangan tahun 2015 sampai dengan 2023 pada Selasa, 3 Oktober 2023.



“Terkait tindakan penyidikan pada hari ini sedang berjalan kegiatan penggeledahan di Kementerian Perdagangan, dan PT PPI hasilnya apa mari kita tunggu,” kata Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kuntadi di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa (3/10/2023).

Sejumlah ruangan yang menjadi sasaran untuk di periksa, antara lain ruangan Direktur Impor hingga Tata Usaha (TU).

“Untuk kerugian belum kami hitung, masih dalam proses, tapi nanti ditunggu saja. Yang kami temukan baru perbuatan pidananya,” ujar Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung Kuntadi kepada wartawan, Rabu (4/10/2023).

Kuntadi mengatakan, penggeledahan dilakukan di ruangan Tata Usaha Menteri, ruangan Direktur Impor, dan ruang kerja Ketua Tim Impor Produk Pertanian. Sementara penggeledahan yang juga dilakukan di Kantor PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) menyasar ke ruang arsip serta ruangan Divisi Akuntasi dan Finance.

“Dari kedua tempat tersebut, tim penyidik menemukan sekaligus menyita sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik yang berkaitan dengan peristiwa pidana,” jelas dia.

Baca juga Nasib Honorer Setelah DPR Sahkan Revisi UU ASN

Disinggung tentang pemanggilan pemeriksaan terhadap Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, menurut Kuntadi, hal itu masih dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan penyidikan. Pasalnya, proses penyidikan kasus dugaan korupsi di lingkungan Kemendag baru berjalan.



“Masalah siapa yang akan dipanggil kami akan melihat urgensinya, kita lihat saja ya nanti,” ujar Kuntadi.

(Redaksi)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *