PC HIKMAHBUDHI Tangerang Selatan dari Alam untuk Alam

Jakarta,MRN – Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia Pengurus Cabang Tangerang Selatan melakukan kegiatan dari Alam untuk Alam dengan menanam mangrove pada 10 September 2023 yang bertempat di pesisir Pantai Tanjung Kait desa Margamulya.



Hutan mangrove merupakan sekumpulan pepohonan yang biasanya tumbuh di area sekitar garis pantai yang dipengaruhi oleh pasang surutnya air laut, serta berapa pada tempat yang mengalami akumulasi bahan organik dan pelumpuran.

Tujuan kegiatan ini untuk mencegah banjir rob dan abrasi. Seperti yang diketahui bahwa beberapa tahun terakhir bencana abrasi telah terjadi di Indonesia, maka diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini agar dapat berkontribusi mengurangi abrasi yang terjadi di Indonesia.

“Terima kasih kepada para donatur yang sudah mendukung kegiatan ini serta rekan-rekan PC HIKMAHBUDHI Tangerang Selatan yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan ini, langkah kecil yang tentu akan berdampak kedepannya, terutama bagi masyarakat di pesisir Pantai Tanjung Kait desa Margamulya” pungkas Ketua HIKMAHBUDHI Tangsel.

PC HIKMAHBUDHI Tangerang Selatan dari Alam untuk Alam
Tanaman yang Ada dan Hidup di Pantai

Menjaga alam sudah sepatutnya menjadi kewajiban bagi setiap individu untuk berperan aktif. Dalam kitab suci agama Buddha yang berbunyi ”Bagaikan seekor kumbang mengumpulkan madu dari bunga-bunga tanpa merusak warna maupun baunya, demikian pula hendaknya, orang bijaksana mengembara dari desa ke desa” (Dhammapada, Syair 49). Yang berarti kita tidak hanya mengambil buahnya saja tetapi harus merawat dan menanamnya. Tentu timbal balik manusia dan alam sangat di perlukan. Jangan sampai menjadi manusia serakah dalam mengelola alam tanpa timbal balik kepada alam.



“Mari rawatlah alam yang dianugerahkan kepada kita, jangan sampai kita menjadi bengis dalam mengelola alam, apalagi para kaum elit yang hanya mementingkan ego sektoral untuk kepentingan individu dan kelompoknya” sambung Ketua Cabang HIKMAHBUDHI Tangerang Selatan.

Baca juga : Kutukan Sumber Daya Alam

Baca juga : Peserta Kemah Bela Negara Nasional Bersama TNI Polri Laksanakan Penanaman Mangrove

Salam lestari, jaga alam kita untuk kita bersama.

(Adi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *