Pajero Sport dari Indonesia Akan Diekspor ke Australia

Mediarilisnusantara.com – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) berencana untuk mengekspor mobil SUV ladder frame Pajero Sport yang diproduksi di Indonesia ke Australia sebagai bagian dari strategi investasi senilai Rp 5,7 triliun di Indonesia.

 

CEO Mitsubishi Motors Corporation, Takao Kato, menjelaskan bahwa rencana ini melibatkan ekspor Pajero Sport ke Australia, yang akan dimulai pada akhir tahun tersebut. Namun, volume ekspor ke Australia masih harus ditentukan, dan model Pajero Sport akan diekspor baik dari pabrik di Thailand maupun Indonesia.

 

Keputusan untuk mengekspor mobil ke Australia merupakan langkah yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memperluas pasar ekspor kendaraan. Indonesia dan Australia adalah bagian dari perjanjian bilateral yang dikenal sebagai Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

 

Dalam perjanjian ini, kesepakatan perdagangan bebas antara Indonesia dan Australia termasuk penghapusan bea masuk pada sebagian besar produk yang diperdagangkan antara kedua negara.




Mobil pertama yang akan diekspor ke Australia dalam konteks ini adalah Toyota Fortuner, yang berada dalam segmen yang sama dengan Pajero Sport.

 

Saat ini, Mitsubishi Motors juga telah melakukan ekspor ke banyak negara lain seperti Vietnam, Filipina, Amerika Latin, Afrika, dan Timur Tengah. Totalnya, telah ada 40 negara yang telah menerima ekspor mobil dari Indonesia.

 

Selain rencana ekspor Pajero Sport, CEO Takao Kato juga mengumumkan bahwa pabrik Mitsubishi di Bekasi akan memulai produksi mobil listrik Minicab-MiEV mulai bulan Desember 2023. Ini akan menjadi langkah penting dalam keterlibatan Mitsubishi dalam program elektrifikasi di Indonesia, dengan fokus pada mobil listrik jenis niaga.

 

Dengan demikian, Mitsubishi Motors Corporation terus berkomitmen untuk mengembangkan dan memperluas aktivitas produksi serta ekspor di Indonesia, sambil menjalankan inisiatif terkait mobil listrik dalam upaya menuju mobilitas yang lebih berkelanjutan.

(Redaksi)

Sumber : Detikoto

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *