Manchester City Raih Treble Setelah Mengalahkan Inter Milan di Final Liga Champions 2023

Manchester City mencatatkan namanya dalam buku sejarah sepak bola dengan menjadi tim kedua asal Inggris yang berhasil meraih treble setelah mengalahkan Inter Milan dalam final Liga Champions pada Minggu (11/6). Gol tunggal oleh Rodri membuat City meraih gelar Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah klub mereka.

Pada babak pertama, Erling Haaland memiliki peluang terbaik untuk membawa Inter Milan unggul, namun tembakannya dapat diantisipasi dengan baik oleh kiper Manchester City, Andre Onana. Pada menit ke-36, City harus kehilangan Kevin De Bruyne karena cedera hamstring, dan ia digantikan oleh Phil Foden.

Inter Milan tampil menjanjikan dengan pertahanan yang kuat, menghadapi serangan ganas yang biasa dilakukan oleh City. Namun, tim asuhan Simone Inzaghi juga kesulitan menciptakan peluang berbahaya.

Di babak kedua, pertahanan Inter Milan tetap solid, dan bahkan hampir memecahkan kebuntuan melalui Lautaro Martinez pada menit ke-59. Namun, penyelamatan brilian dari kiper Manchester City, Ederson, menggagalkan usaha tersebut.

Gagalnya Martinez membuka keunggulan harus dibayar mahal oleh Inter Milan. Pada menit ke-68, Rodri mencetak gol sejarah bagi Manchester City sebagai pemain pertama yang mencetak gol dalam final Liga Champions Eropa. Gelandang bertahan asal Spanyol tersebut memanfaatkan bola muntah di kotak penalti dan menghujamkannya ke dalam gawang, membuat Onana tak berdaya.



foto : Instagram Championsleague

Inter Milan hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-88 melalui sundulan Romelu Lukaku, tetapi Ederson kembali melakukan penyelamatan gemilang. Kiper Brasil tersebut membawa lega bagi Pep Guardiola dan para pendukung City.

Seperti Emiliano Martinez untuk Argentina di Piala Dunia, Ederson juga melakukan penyelamatan krusial di saat-saat akhir pertandingan. Ia menghalau sundulan Robin Gosens pada menit ke-90+5, dan saat peluit akhir dibunyikan, Manchester City resmi menjadi juara Liga Champions Eropa!

Kemenangan ini menjadikan Manchester City sebagai tim kedua dari Inggris yang meraih treble, setelah Manchester United melakukannya pada musim 1998-1999. Pep Guardiola dan para pemain City berhasil menorehkan sejarah yang tak terlupakan dalam perjalanan mereka menuju gelar Liga Champions Eropa.

foto : Instagram Championsleague

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *