Lanal Bintan Selenggarakan Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H/2023 M

Mediarilisnusantara.com, TNI AL, Bintan – Bertempat di Masjid Al-Jihad Tanjung Uban, Lanal Bintan menyelenggarakan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H/2023 M, dengan tema “Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1445 H/2023 M Kita Tingkatkan Taqwa, Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan,” Rabu (26/07/2023).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Peringatan 1 Muharam 1445 H/2023 M yang diselenggarakan oleh Lanal Bintan dihadiri oleh personel Fasharkan Mentigi, personel Satdik I Tanjung Uban dan personel Satran Koarmada I.

Acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan sambutan Danlanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc. Dalam sambutannya Danlanal Bintan mengatakan “Marilah Kita Sambut Tahun Baru Islam dengan kegiatan-kegiatan dan acara yang bermanfaat.

Disamping itu jangan kita terhayut dalam euforia atau kegembiraan yang berlebihan, marilah kita perbanyak lakukan amalan kebaikan, karenan sekecil apapun amalan kebaikan yang kita lakukan bernilai amat besar disisi Allah SWT selama dilakukan dengan niat yang ikhlas, tulus, serta hanya mengharapkan ridha Allah SWT”.

 Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H/2023 M
Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1445 H/2023 M





Kemudian acara dilanjutkan tausiah ceramah agama oleh Ustadz Munawir dari Ikatan Bintan Utara (IMBU). Dalam tausiahnya mengatakan bahwa tanggal 1 Muharam menjadi pertanda bagi umat Islam untuk memasuki tahun baru 1445 H/2023 M dengan harapan tahun ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, dan hendaknya segera berhijrah dari kemungkaran menuju ke kebaikan. Pada hakekatnya manusia hidup didunia hanya sementara, usia kita semakin hari semakin berkurang.

Ada 4 perkara yang nanti saat diakhirat akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah SWT yaitu, saat masih hidup di dunia umurnya dihabiskan untuk apa, anggota tubuhnya selama hidup digunakan untuk apa, hartanya diperoleh darimana dan digunakan untuk apa, dan ilmunya digunakan untuk amal apa.




Diakhir tausiahnya, Ustadz Munawir mengingatkan kembali bahwa dengan datangnya Tahun Baru Islam ini sebagai ajang untuk bermuhasabah yaitu meneliti perbuatan kita pada masa lalu dan masa kini, apakah ia merupakan perbuatan baik atau perbuatan buruk. Dengan muhasabah diri, perbuatan baik pada masa lalu bisa ditingkatkan pada masa depan, baik kualitasnya maupun kuantitasnya.

Hikmah Tahun Baru Islam adalah mengingatkan perjalanan kehidupan umat manusia yang dalam pandangan agama Islam seharusnya bernilai kebaikan. Juga agar manusia menyadari pentingnya “waktu” atau “masa” yang akan terus berjalan tanpa pernah menunggu.

(Pen Lanal Bintan)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *