Kota Gotene Swedia Obral Tanah Seharga Rp 1.548 per Meter

Jakarta, MRN – Pemerintah Kota Gotene, di Swedia Barat, baru-baru ini menyediakan 30 bidang tanah yang ditawarkan dengan harga sangat rendah.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Menurut CNN pada Rabu (3 Juli 2024), kota Gotene, yang terletak sekitar 200 mil barat daya Stockholm, Swedia, menjual 29 bidang tanah hanya dengan harga satu krona per meter persegi—harga yang setara dengan sekitar USD 0,09 atau Rp Rp1.548.87 per meter persegi.

Namun, inisiatif ini tampaknya hanya terbatas pada penduduk resmi Swedia yang diharuskan membangun unit rumah di tanah yang dibeli dalam waktu dua tahun.

Baca Juga: Bilah Terakhir Kepala Garuda Kantor Presiden di IKN, Berhasil Dengan Di Pasang Sempurna



Kegagalan untuk memenuhi kondisi ini akan mengakibatkan tanah dikembalikan ke kota.

“Sungguh luar biasa jika individu dari luar negeri menyatakan minatnya untuk membeli tanah di sini,” kata Walikota Gotene Johan Mansson.

Mansson menuturkan, membangun rumah biasanya menghabiskan biaya sekitar 3-4 juta krona atau sekitar USD 280.000-USD 375.000. (Rp 4,64 miliar-Rp 61,95 miliar).

Sebidang tanah biasanya berharga sekitar 500.000 krona atau USD 47.000.


Gotene
Sumber: liputan6.com (dok. Jon Flobrant/Unsplash)

Baca Juga: Kondominium Fujimi-Dori Dirobohkan Karena Halangi Pemandangan Gunung Fuji

Sejauh ini, siapa pun bisa membeli sebidang tanah, mereka tidak harus tinggal di Swedia, atau berkomitmen untuk tinggal di sana secara permanen.

Ia mengatakan, kota mungkin harus meninjau kembali peraturannya. “Tentu saja, membangun rumah tidak memberi Anda hak untuk tinggal di dalamnya secara penuh. Aturan visa bergantung pada pemerintah,”

Karena minat yang luar biasa, Pemerintah Kota Gotene mendapati diri mereka tidak mampu mengatasi dan kemudian menangguhkan penjualan yang telah berlangsung sejak pertengahan April 2024.

Baca Juga: Pemborong Bangunan Nakal, Membuat Bangkrut Pemiliknya




“Kami memulai kampanye ini pada pertengahan April sebagai ide yang agak berani, meskipun dengan sentuhan humor. Itu pada dasarnya adalah operasi pemasaran,” komentar Walikota Gotene Johan Mansson kepada AFP, Senin (1 Juli 2024).

Dia menjelaskan bahwa tawaran lahan murah dimaksudkan untuk mendorong pembangunan perumahan di daerah yang jarang penduduknya dan membantu pertumbuhan daerah.

Hebatnya, hanya beberapa minggu setelah meluncurkan promosi, Gotene berhasil menjual tiga lot.

“Keberhasilan luar biasa untuk komunitas sekecil itu. Namun, kami tidak dapat mengantisipasi apa yang akan terjadi,” Mansson menjelaskan.

Gotene
Götene, 200 mil dari Stockholm, menjual tanah seherga harga 1 kron per meter persegi. Sumber: Marcus Lindstrom/iStockphoto/Getty Images



Membangun Rumah di Swedia

Membangun rumah di Swedia dapat menjadi proses yang kompleks dan mahal.

Biaya yang diperlukan dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran rumah, kualitas bahan baku, biaya tenaga kerja, lokasi, dan fitur tambahan.

Baca Juga: Penyelenggaraan Konsolidasi Tanah Vertikal Tahun 2024 Untuk Penataan Kawasan Kumuh

Berikut adalah beberapa informasi yang relevan:

  1. Biaya Bahan Baku: Biaya bahan baku untuk membangun rumah di Swedia dapat berbeda-beda tergantung pada jenis bahan yang digunakan.
    Contohnya, biaya bahan baku untuk membangun rumah dari bahan kayu dapat berbeda dengan biaya bahan baku untuk membangun rumah dari bahan beton atau bata.
    Biaya bahan baku dapat berada di antara 10.000-30.000 SEK per meter persegi (m²).
  2. Biaya Konstruksi: Biaya konstruksi untuk membangun rumah di Swedia dapat mencapai 15-30.000 SEK per meter persegi, tergantung pada kualitas bahan baku dan tingkat kompleksitas desain.
  3. Biaya Perizinan: Biaya perizinan dan inspeksi juga perlu dipertimbangkan. Biaya ini dapat mencapai 12.000 SEK, seperti yang disebutkan dalam salah satu contoh.
  4. Biaya Total: Biaya total untuk membangun rumah di Swedia dapat mencapai 70.000 SEK atau kurang, seperti yang disebutkan dalam salah satu contoh.
  5. Biaya Tanah: Biaya tanah juga perlu dipertimbangkan. Biaya tanah biasanya berharga sekitar 500.000 SEK atau USD 47.000.
  6. Keterlibatan Pemerintah: Pemerintah Swedia memiliki peraturan yang ketat terhadap pembangunan rumah, termasuk perizinan dan inspeksi.
    Pemerintah juga memiliki peraturan yang berbeda-beda tergantung pada lokasi dan tujuan pembangunan.

Dalam beberapa kasus, biaya total untuk membangun rumah di Swedia dapat mencapai USD 280.000-USD 375.000, seperti yang disebutkan dalam salah satu contoh.

Namun, biaya ini dapat berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor yang telah disebutkan di atas.

(Reza)


Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *