Kisah Pilu Naffa Zahra, Anak yatim Kena Imbas Kenaikan UKT Yang Makin Mahal

Jakarta,MRN – Seorang anak yatim di Kota Medan, Naffa Zahra (18) terpaksa mengurungkan niatnya untuk kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) akibat mahalnya uang kuliah tunggal (UKT). Polemik tentang kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) disejumlah perguruan tinggi negeri terus bergulir.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Sejumlah calon mahasiswa baru (camaba) di beberapa perguruan tinggi negeri dilaporkan mengundurkan diri gara-gara tak sanggup membayar UKT.

Naffa Zahra Muthmainnah adalah salah satunya.

la mengaku kecewa tidak bisa kuliah di kampus Universitas Sumatera Utara (USU) yang diimpikannya sejak kecil karena orangtuanya tidak mampu membiayai uang kuliah yang terbilang mahal.



Baca juga Pegi Tersangka Pembunuh Vina, Terus KuKuh Tidak Bersalah Kini Terancam Hukuman Mati!

“Saya kecewa kali tidak bisa kuliah di USU. Padahal saya ingin sekali kuliah di (Fakultas Ilmu Budaya USU) Jurusan Sastra Arab, tapi tidak terkabul,” ujar Naffa kepada wartawan Apriadi Gunawan yang melaporkan untuk BBCNews Indonesia, Kamis (23/05/2024).

Uang Kuliah Tunggal (UKT) di fakultas yang disasar Naffa sebesar Rp 8,5 juta per semester.

Angka itu, kata dia, terlampau besar lantaran sebelumnya dia mengira uang kuliahnya nanti hanya Rp 2,4 juta sampai Rp 3 juta.

“Uang Kuliah Tunggal (UKT) di USU terlalu mahal, orang tua tidak sanggup membiayai kalau Rp 8,5 juta. Itu alasan saya mundur,” katanya dengan nada pilu.

Ayah Naffa sudah meninggal sejak 2021. Sementara ibunya tidak bekerja. Mereka tinggal di rumah sederhana. Sejak Ayahnya tiada, tulang punggung keluarga dipikul abangnya yang bekerja sembari kuliah.



Baca juga Sinopsis Dan Jadwal Tayang Film Catatan Harian Menantu Sinting

Naffa menuturkan, Sastra Arab merupakan favoritnya sejak masih SMA. Namun, mimpi kuliah di jurusan favoritnya itu harus dikubur karena terbentur ekonomi.

Naffa berharap ada keringanan UKT bagi calon mahasiswa baru khususnya dari kalangan keluarga tidak mampu. “Sedih dan kecewa juga karena tidak bisa kuliah. Saya harap ada keringanan biaya UKT, supaya saya bisa tetap kuliah,” ucapnya.

Tonton kisah tentang Naffa zahra



Sumber BBC NEWS:
di sini

(Redaksi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *