Kerjasama TNI AL dan Industri Jasa Maritim Hadirkan Solusi Inovatif dalam Pengolahan Sampah Plastik di Banten

MRN – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten bekerja sama dengan industri jasa maritim Chandra Asri telah memulai proyek Industri Pengelolaan Sampah Terpadu, Atasi Sampah-Kelola Mandiri (IPST ASARI) di wilayah Banten. Proyek ini bertujuan untuk membantu Pemerintah Indonesia mengatasi penumpukan sampah plastik dan sampah laut serta menjaga ekosistem lingkungan di pesisir dan perairan.

Dalam proyek ini, masyarakat maritim, termasuk para nelayan di wilayah Banten, selain melaut juga mengumpulkan sampah plastik. Sampah tersebut dikumpulkan oleh Pos Angkatan Laut dan Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar), kemudian didistribusikan ke IPST ASARI untuk didaur ulang menjadi Bahan Bakar Minyak (BBM). BBM yang dihasilkan kemudian didistribusikan kembali kepada para nelayan untuk digunakan dalam kegiatan melaut.

Komandan Lanal Banten, Kolonel Laut (P) Dedi Komarudin, menjelaskan bahwa kerjasama dengan industri jasa maritim Chandra Asri dan TNI Angkatan Laut sangat membantu dalam mengatasi masalah sampah plastik dan mendukung perlindungan lingkungan di laut. Corporate Shared Value Chandra Asri, Bapak Wawan Mulyana, juga menekankan bahwa pengolahan sampah ini dilakukan untuk mengatasi masalah buangan sampah plastik yang merusak lingkungan, dengan memanfaatkan kembali sampah tersebut.

Di IPST ASARI, sampah plastik diolah menjadi berbagai komoditas, termasuk bahan bakar seperti bensin, solar, dan minyak tanah. Selain itu, ampas dari proses penyulingan sampah plastik juga diolah menjadi aspal dan pupuk cair dari sampah organik.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali, dalam berbagai kesempatan, telah menekankan pentingnya sinergi antara TNI Angkatan Laut, masyarakat, dan institusi terkait. Kasal menekankan agar anggota TNI Angkatan Laut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan berperan dalam memajukan perekonomian masyarakat.

Demikianlah informasi mengenai kerjasama antara Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten dan industri jasa maritim Chandra Asri dalam mengatasi masalah sampah plastik di wilayah Banten.

(Redaksi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *