Kemeriahan acara Peringatan Hari Batik di istana berbatik

Jakarta,MRN – Pada hari ini Senin tanggal 2 October 2023, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kebanggaan masyarakat Indonesia akan kekayaan budayanya, termasuk batik.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!


Untuk itu istana berbatik diselenggarakan perdana di Istana Merdeka, Jakarta. Istana berbatik ini dimeriahkan oleh 503 peraga dari berbagai penjuru negeri.

Presiden Jokowi menyampaikan pesan khusus memperingati batik sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO sejak 2 Oktober 2009.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, masyarakat Indonesia pantas merasa bersyukur karena memiliki produk budaya berupa batik.

Pernyataan itu Jokowi sampaikan saat membuka acara Istana Berbatik di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu (1/10/2023) malam.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada malam hari ini Istana Berbatik secara resmi saya nyatakan dibuka,” kata Jokowi kemudian.

Kemeriahan acara Peringatan Hari Batik di istana berbatik

Sejumlah petinggi negara hadir dalam acara ini dengan pakaian batik mereka masing-masing.

Presiden Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana yang tampak mengenakan batik bermotif parang yang indah. Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan istirnya, yang datang bersama Jokowi juga tampak mengenakan batik.

sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju juga tampak menghadiri pagelaran ini.

Kemeriahan acara Peringatan Hari Batik di istana berbatik

Mereka di antaranya, Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono.



Lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendimbud Ristek), Nadiem Makarim.

Baca juga BCA Akan Tutup Reking Nasabah Yang Nol Rupiah

Tampak juga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono juga ikut berjalan dengan setelan batik catwalk.

(Redaksi)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *