Kemenkes Ingin Terapkan Color Guide Untuk Kandungan Gula di Produk Minuman

Jakarta, mediarilisnusantara.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berencana mengeluarkan peraturan terkait pemberian label menggunakan warna (color guide) terhadap kandungan gula pada minuman berpemanis.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Niat pemerintah ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kadar gula yang terkandung dalam minuman tersebut, yaitu tinggi, menengah, dan rendah.

Baca Juga: Bahaya Flu Singapura dan Penyebarannya Saat Musim Mudik



Sebelumnya, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, telah melakukan pertemuan dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk membahas Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait label warna pada minuman berpemanis.

Ia menyatakan bahwa BPOM sudah siap dengan aturan tersebut, mirip dengan sistem yang diterapkan di Singapura dengan label warna merah, kuning, dan hijau untuk menunjukkan kadar gula

“Kita sudah meeting dengan BPOM, BPOM sudah siap aturannya kayak di Singapura merah, kuning, hijau itu (label) gede nulisnya. Cuma memang kita nunggu RPP-nya,” ujarnya dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Jakarta, Selasa (8/7).

Baca Juga: Virus Mpox Di Kongo, Disebut Sebagai Yang Paling Berbahaya



Budi mengungkapkan bahwa pemerintah Singapura telah menerapkan sistem serupa dengan menampilkan label kandungan gula berdasarkan warna di kemasan produk, yang dikenal sebagai Nutri-grade.

Saat ini, pemerintah sedang menyiapkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) terkait implementasi label warna ini.

Budi menyadari bahwa penerapan aturan ini mungkin akan menimbulkan berbagai respons, terutama dari industri produk kemasan.

Baca Juga: Pemerhati Wanita Meminta Pihak Serius Tangani Stunting dan Gizi Buruk Di Papua Barat Daya



Budi juga menekankan pentingnya masyarakat untuk lebih teliti memperhatikan kandungan gula dalam produk kemasan.

Sebagai contoh, satu sajian minuman kemasan mungkin mencantumkan kandungan gula sebesar 20 mg, namun jika satu botol dikonsumsi habis, jumlah gula yang masuk ke tubuh bisa mencapai 100 mg.

(Reza)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *