Jokowi Resmikan Kereta Cepat WHOOS! Jakarta-Bandung

Jakarta,MRNPresiden jokowi telah meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh. Kini, KCJB sudah dioperasionalkan secara umum oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!


peresmian kereta cepat ini di lakukan di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10/2023) pukul 09.00 WIB.

“Dengan mengucap bismillahirahmannirahim Kereta Cepat Jakarta Bandung, Whoosh, saya nyatakan dioperasikan,” kata Jokowi dalam peresmian. Jokowi secara simbolik menekan tombol dan tandatangan prasasti sebagai tanda peresmian.

Jokowi Resmikan Kereta Cepat WHOOS! Jakarta-Bandung
Jajaran para petinggi bersama presiden jokowi meresmikan kereta cepat jakarta-bandung

Peresmian ini dihadiri oleh beberapa petinggi seperti Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Meseskab Pramono Anung, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, Menkominfo Budi Arie, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Ketua Wantimpres Wiranto, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan sejumlah pejabat lainnya.

Diketahui, izin operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung diterbitkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 114 Tahun 2023 tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China.

Soal tarif, mantan Dirut Angkasa Pura II itu menyatakan tarif kereta cepat berkisar di angka Rp 250-300 ribu. Adapun soal potongan harga, kata dia, menjadi kewenangan pihak pengelola tersendiri.

Baca juga Harga Tiket LRT Jabodebek Dan Penerapan Tarif Promonya

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya juga bakal membuat konsep kereta cepat dengan tujuan Surabaya. Namun, kata dia, masih sebatas mengonsep dahulu.



“Kita akan membuat konsep bahwa nanti eksekusi ya seperti apa, tapi visi-misi dari Surabaya harus dibuat. Insyaallah sekarang kan kita buat sudah, baru teknologinya, orangnya baru, orang kita nggak bisa, bikin regulasi nggak gampang, tapi ini semua sudah terbuat dengan baik. Sehingga kita tinggal mereplikasikan,” kata Budi dalam acara pembukaan Hub Space di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/9/2023) lalu.

(Kenz)

 

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *