Dosen UMS Tersangka Melecehkan Mahasiswi saat Bimbingan Skripsi

Jakarta, MRN – Kasus dugaan pelecehan seksual yang dialami oleh seorang mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi viral di media sosial.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Akun Instagram @dpn.ums membagikan beberapa percakapan dengan mahasiswi yang menjadi korban pada Jumat (5/7) yang lalu.

Pengelola akun tersebut memposting sejumlah tangkapan layar percakapan dengan seseorang yang mengaku menjadi korban dari dosen tersebut.



Baca Juga: Kecelakaan Beruntun Libatkan 10 Kendaraan Di Ruas Tol Cipularang

Unggahan tersebut diberi judul ‘Dosen Pembimbing Mesum’. “Predator di @fkipums.official merajalela tak pernah ditindak tegas, akhirnya banyak mahasiswa jadi korban selama bertahun-tahun,” tulis dalam keterangan postingan tersebut, pada Selasa (9/7/2024).

Dalam unggahan tersebut, dijelaskan kronologi perilaku yang tidak menyenangkan yang dialami korban saat sedang melakukan bimbingan skripsi dengan dosen tersebut.

 

Isi Unggahan

UMS

UMS




UMS
Tanggapan Rektor

Wakil Rektor IV Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof. EM. Sutrisna, menyatakan bahwa rektorat sedang menyelidiki dugaan kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang dosen melalui Komite Disiplin.

Sutrisna juga mengonfirmasi bahwa sanksi telah diberlakukan, yaitu larangan membimbing skripsi, tesis, dan disertasi.




Baca Juga: Laporan Terbaru Kasus Jurnalis Tribrata TV yang Wafat Setelah Buat Artikel Perjudian

Ia merasa prihatin dengan kabar yang tidak menyenangkan tersebut dan menyatakan bahwa kampus sedang melakukan investigasi terkait kebenaran kasus pelecehan seksual tersebut.

Sutrisna menambahkan bahwa pihaknya telah meminta keterangan dari terduga pelaku dan telah menerima surat berita acara dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS terkait kasus tersebut.

Berita acara tersebut, dikatakannya, akan menjadi pertimbangan bagi Rektor UMS untuk memutuskan keberlanjutan karir sang dosen.

Baca Juga: Viral Di Medsos Tukang Parkir Mirip Bruno Mars




“Ketika ada kasus, kita punya proses transparan. Dan yang diadukan itu sudah diklarifikasi, dipanggil mulai dari tingkat Prodi hingga Fakultas kemarin siang. Dan Fakultas sudah membuat surat ke rektorat, nanti dari pak Rektor melihat hasil Berita Acara itu nanti apakah akan langsung dikenai sanksi atau kemungkinan besar dilanjutkan di sidang Komite Disiplin,” ujar Em Sutrisna, Selasa (9/7/2024) siang.

Ia juga menegaskan kepada para mahasiswa agar tidak perlu merasa cemas mengenai kasus tersebut.

Baca Juga: Viral Emak Emak di Jateng Naik Motor Sambil Berdiri, Hampir Tertabrak Truk

Jika terbukti bersalah, pihaknya akan memberikan sanksi kepada pelaku pelecehan.

“Para mahasiswa tidak perlu khawatir atas kasus yang terjadi. Kami sudah menjatuhkan sanksi tidak boleh membimbing skripsi, tesis dan disertasi terhadap terduga pelaku selama proses pemeriksaan,” pungkasnya.

(Reza)



Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *