BPH Migas dan Pertamina Patra Niaga Kerja Sama untuk Menjamin Distribusi BBM di Papua Pegunungan

MRN – (22/06/23) Wamena, Papua Pegunungan – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga, berupaya keras untuk memastikan distribusi bahan bakar minyak (BBM) secara nasional tersalurkan dengan aman dan sesuai dengan kondisi wilayah masing-masing, termasuk di wilayah Papua Pegunungan. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komite BPH Migas, Yapit Sapta Putra, dalam kegiatan Seminar Umum Kebijakan Hilir Migas bersama Komisi VII DPR RI yang dilaksanakan di Wamena pada tanggal 22 Juni 2023.

Pendistribusian BBM di wilayah Papua Pegunungan, yang melibatkan berbagai moda transportasi, termasuk penggunaan pesawat, menjadi tantangan bagi BPH Migas. Yapit menyatakan bahwa BPH Migas menjalankan fungsi pengawasan untuk memastikan BBM sampai kepada masyarakat di wilayah tersebut. Selain itu, tindakan ini juga bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan BBM subsidi oleh pihak yang tidak berhak.

Yapit menekankan bahwa BBM bersubsidi tidak boleh diperdagangkan kembali oleh pengecer, karena hal ini akan mengakibatkan harga BBM menjadi tidak terjangkau bagi masyarakat. Oleh karena itu, upaya tersebut harus dilakukan untuk memastikan bahwa jatah BBM subsidi benar-benar sampai kepada masyarakat yang membutuhkannya.

Pernyataan Yapit tersebut mendapatkan dukungan dari Anggota Komisi VII DPR RI, Ina Elisabeth Kobak. Ina menegaskan bahwa DPR RI dan BPH Migas terus bekerja sama dalam melakukan pengawasan guna menjaga stabilitas pendistribusian BBM di wilayah Papua Pegunungan. Ia juga menekankan pentingnya Kabupaten Jayawijaya sebagai kabupaten kunci yang berperan dalam memenuhi kebutuhan BBM masyarakat di wilayah kota/kabupaten lain.

Setelah kegiatan Seminar Umum, Yapit melakukan pemantauan proses bongkar muat BBM yang diangkut menggunakan pesawat dari Fuel Terminal (FT) Jayapura menuju Bandara Wamena. BBM tersebut kemudian dikirimkan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) setempat dengan pengawasan ketat guna memastikan distribusi yang aman dan lancar.

Toni Pradana, Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga Wilayah Papua Selatan dan Pegunungan, serta perwakilan Pemerintah Daerah Provinsi Papua Pegunungan dan Kabupaten Jayawijaya juga turut hadir dalam kegiatan Seminar Umum tersebut. Kehadiran mereka menunjukkan komitmen semua pihak dalam menjaga stabilitas dan keberlanjutan penyediaan BBM bagi masyarakat di wilayah Papua Pegunungan.

Dengan kerja sama yang erat antara BPH Migas, Pertamina Patra Niaga, pemerintah daerah, dan DPR RI, diharapkan distribusi BBM di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya di wilayah Papua Pegunungan, dapat terus terjaga dengan baik demi kebutuhan masyarakat.

(Redaksi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *