Bilah Terakhir Kepala Garuda Kantor Presiden di IKN, Berhasil Dengan Di Pasang Sempurna

Jakarta,MRN – Moment Topping off atau pemasangan bilah terakhir menyempurnakan Kepala Garuda di Kantor Presiden, Ibu Kota Nusantara (IKN) Di bagikan langsung oleh sang Seniman Nyoman Nuarta pada Sabtu (29/6/2024) tepat pukul 00.00 Wita.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Bilah Kepala Garuda dengan panjang empat hingga 16 meter yang terbuat dari baja Anti korosi ini menutup atap struktur yang telah dibangun dengan akselerasi tinggi.

Momen pemasangan bilah terakhir itu dibagikan oleh sang seniman di balik patung Garuda tersebut, Nyoman Nuarta, di Instagram.

Baca juga Siap Digelar East Phoria Sport Championship



Dalam video tersebut, terlihat sejumlah petugas yang memasang bilah terakhir di bagian teratas Kepala Garuda di antara bilah-bilah lain yang telah terpasang.

Para petugas itu juga membawa bendera Indonesia bersama mereka.

Nyoman Nuarta mengaku sangat terharu melihat prosesi topping off Kepala Garuda itu.

Nyoman mengatakan, banyak yang mendoakan pekerjaan ini tuntas jelang upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Saya terharu, di tengah hujan perisakan (bully) dan anti-IKN dari orang-orang yang minim kepercayaan terhadap bangsa sendiri,” ujar Nyoman, dikutip dari Kompas.com, Sabtu.

Kepala Garuda
Proses Pembangunan Patung Garuda IKN Foto: Instagram Nyoman



“Percayalah kami tetap bekerja sampai subuh untuk mempercepat pembangunan Kantor Presiden di IKN ini,” tambahnya.

Menurut Nyoman, prosesi topping off seolah membuktikan bahwa Indonesia melalui putera-puteri terbaiknya bisa merancang dan membangun bangunan monumental yang megah dan sarat teknologi baru ini, tanpa meniru atau melakukan plagiasi dari karya-karya negara lain.

Nyoman menilai, kendati dengan anggaran minim hanya Rp 1,5 triliun, bila dibandingkan negara China yang mengeluarkan 5 miliar dollar AS untuk membangun jembatan, karya nyata dan kerja keras anak bangsa patut diapresiasi.



Baca juga 64 Nama Susunan Kabinet Pemerintahan Prabowo Gibran Periode 2024-2029

“Bila para pahlawan pendahulu kita menyumbangkan darah dan nyawanya, kita sebagai generasi muda sudah seyogyanya menyumbangkan karya yang kita bisa demi kejayaan Indonesia di mata dunia,” tegas Nyoman.

Oleh karena itu, Nyoman Nuarta mengajak seluruh pihak yang terlibat dalam pekerjaan besar ini untuk terus memperkuat sinergi dan kolaborasi.

Menurutnya, pekerjaan lanjutan yang harus dikejar super-cepat hingga akhir Juli adalah penyelesaian pemasangan bilah selubung pada sayap kanan Burung Garuda.

Sementara, bilah selubung pada sayap kiri Burung Garuda hampir seluruhnya telah terpasang.



(Redaksi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *