Berpindah Kubu Ke OPM, Desertir TNI Tewas Ditembak Di Papua

Jakarta,MRN – Salah satu anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang ditembak aparat di Paniai, Papua Tengah merupakan mantan anggota TNI yang desertir atau meninggalkan tugas.

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Desertir anggota TNI yang ditembak mati bernama Danis Murib. Tim Gabungan menembak Danis di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

Dalam keterangan resmi TNI yang dikutip dari akun Instagram @puspentni, disebutkan bahwa Danis Murib seorang desertir TNI yang terakhir berpangkat Prajurit Dua (Prada).

Dia adalah anggota Satgas Yonif 527/Baladibya Yudha Kodam V/Brawijaya, yang tengah melaksanakan tugas operasi militer di Papua.




Baca juga Setelah Lama Menikah Ruben Onsu Gugat Cerai Sarwendah

Richard mengatakan usai aksi OPM menembak warga sipil di Paniai, aparat melakukan operasi pengejaran.

Operasi berlanjut dengan keberhasilan merebut wilayah Distrik Bibida, yang selama ini dikuasai oleh OPM pada Jumat (14/6).

Setelahnya, Richard memerintahkan Panglima Komando Operasi TNI HABEMA beserta Komandan Komando Pelaksanaan Operasi (Dankolakops) dan Komandan Pasukan Nanggala Kopassus, untuk melanjutkan pengejaran.

“Alhasil, operasi tersebut membuahkan hasil dan Prajurit TNI berhasil menembak 2 orang OPM, salah satunya terkonfirmasi beridentitas Danis Murib, pasca kontak tembak,” kata Richard.

Danis Murib telah melaksanakan kelana yudha dengan meninggalkan Pos Moanemani Baru di wilayah Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, Provinsi Papua Tengah, pada tanggal 14 April 2024 pukul 10.20 WIT yang lalu.




Baca juga Game Upin & Ipin Direncanakan Rilis Awal 2025, Dengan Teman Open World

Danis Murib ditembak pasukan TNI yang tengah memburu pelaku penembakan dan pembakaran warga yakni Kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya.

“Desertir TNI Danis Murib ini meninggalkan tugas di Distrik Kamu Kabupaten Dogiyai, pada 14 April 2024, pukul 10.20 WIT,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah (Kogabwilhan) III, Letjen TNI Richard Tampubolon lewat siaran pers, Senin (17/6).

Menurut Richard, keberhasilan Prajurit TNI menembak dua orang OPM, salah satunya Danis Murib telah mereduksi kekuatan OPM. Danis sudah dinyatakan meninggal dunia.

“Tentunya berdampak positif menjaga stabilitas keamanan demi kelancaran proses percepatan pembangunan di Papua,” katanya.




Baca juga Masjid Istiqlal Diberikan Sapi Kurban Dari Gereja Katedral

Dalam beberapa hari terakhir, Satgas Ops Damai Cartenz melaksanakan operasi penegakan hukum terhadap KKB pimpinan Undius Kogoya. Dilakukan sejak Sabtu (14/6) hingga Senin (17/6) ini.

Operasi melibatkan aparat gabungan Ops Damai Cartenz-2024 terdiri dari pasukan TNI-Polri.

(Redaksi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *