Bakamla RI Rayakan HUT ke-18 Tahun 2023

Jakarta,MRN – Seluruh jajaran personel Bakamla RI turut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-18 Tahun 2023. Peringatan HUT Bakamla RI tahun ini mengusung tema “Indonesia Coast Guard Yang Modern Dan Profesional Untuk Indonesia Maju”. Memeriahkan hari istimewa tersebut, personel mengadakan Upacara yang dilaksanakan di Taman Proklamasi, pada Jumat (29/12/2023).

Thank you for reading this post, don't forget to subscribe!

Harapannya, tema ini akan menjadi pendorong semangat bagi seluruh personel Bakamla RI untuk terus bekerja, berkarya, dan mendedikasikan diri demi terwujudnya keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum (KKPH) di wilayah perairan dan yuridiksi Indonesia.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., mengajak seluruh personel melakukan 6 poin untuk dilakukan. Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai bekal dalam menjalankan tugas dan memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa. Kedua, perkuat fungsi Bakamla RI dengan kinerja yang tinggi dan nyata dalam penyelenggaraan patroli KKPH di wilayah perairan dan yurisdiksi Indonesia.

Baca Juga: Pengantaran Jenazah Lukas Enembe semakin ricuh,Beberapa Ruko terbakar hebat




Ketiga, tingkatkan kemampuan personel untuk menjawab tantangan guna mewujudkan coast guard yang handal, modern, dan berkelas dunia. Selanjutnya, bangun mindset dan culture set yang terintegrasi dengan core value ASN yaitu BerAkhlak (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).

Kemudian, tanamkan dan tumbuhkan rasa bangga terhadap instansi tercinta, Bakamla RI sebagai Coast Guard Indonesia. Terakhir, tetap menjaga nama baik personel, hindari segala bentuk pelanggaran tidak terpuji yang dapat merugikan diri sendiri maupun instansi.

Bakamla RI Rayakan HUT ke-18 Tahun 2023

Sampai dengan hari ini, berbagai capaian telah ditorehkan dengan baik di dalam negeri maupun di luar negeri, antara lain dalam hal penyelenggaraan Patroli Nasional yang telah dilakukan Bakamla RI bersama dengan instansi terkait. Kemudian, keberhasilan Bakamla RI dalam menggagalkan penyelundupan pekerja migran ke Malaysia. Penangkapan terhadap kapal yang melakukan pelanggaran pun banyak dilakukan oleh Bakamla RI, seperti penangkapan terhadap kapal muat Nikel Illegal, serta Transhipment Kapal Super Tanker MT Arman 114 berbendera Iran di Natuna.

Tak hanya itu, pada tahun ini pula berhasil menjadi tuan rumah dalam acara ASEAN Coast Guard Forum (ACF) yang merupakan forum bertujuan menciptakan mekanisme dialog yang ekslusif guna membina sentralitas ASEAN terhadap keamanan maritim di wilayah kawasan.




Baca Juga: Heboh! Pria Menyamar dengan cadar Untuk Berbaur dengan Akhwat di Masjid

Bakamla RI turut memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 3 kali berturut-turut yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), predikat Sangat Memuaskan dalam Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 yang diberikan oleh Arsip Nasional RI (ANRI), predikat Istimewa dalam Indeks Reformasi Hukum dan Instansi Meso Tahun 2023.

Lebih lanjut, predikat Sangat Baik untuk Kantor Pengelolaan Informasi Marabahaya Laut (KPIML) Bakamla RI sebagai unit penyelenggaraa pelayanan publik, serta predikat Sangat Baik untuk penilaian Indeks Kualitas Kebijakan (IKK). Pada tahun 2023 ini, personel bersama dengan instansi terkait telah melaksanakan pengukuran.

Baca juga Bertia Duka: Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Tutup Usia Hari Ini

Indeks Keamanan Laut Nasional (IKLN) dengan nilai 56, predikat cukup terkendali. Berbagai prestasi yang telah diraih, semakin memacu semangat semua seluruh personel untuk memberikan kinerja terbaik ditahun-tahun ke depan.

Setelah melangsungkan Upacara, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah yang hadiri oleh tamu kehormatan, yakni Kepala Bakamla RI dari masa ke masa, serta turut dihadiri oleh perwakilan dari BNPB, BNN, Kemenhan, BSSN, KLKH, Basarnas, Kemenkumham, KKP, Menhub, TNI, Polri, serta Masyarakat Maritim, meliputi Indonesian maritime pilots association (INAMPA), Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI), Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat (APBMI). Kegiatan ramah tamah diisi dengan berbagai hiburan, yakni penampilan Tim Tari , Tim Kolintang Gistara Jasyashree DWP , serta Indonesian Coast Guard Band.

(Redaksi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *