Anggaran Rp 15.000 untuk snack KPPS Sleman Diubah Vendor Jadi hanya Rp 2.500 Per Orang

Jakarta,MRN – Viral di media sosial terkait keluhan dari para Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Sleman.mereka mengeluhkan tentang snack yang disajikan KPU Kabupaten Sleman saat acara pelantikan KPPS.




Peristiwa ini pun viral di media sosial X. Salah satunya diunggah oleh akun X @yourfuture**** pada Kamis (25/1).

“Sekelas KPU kabupaten menyediakan konsumsi untuk pelantikan KPPS serentak se-kabupaten seperti ini ? Sudah tidak ada uang transport dan makan siang. Snack tidak jauh beda dengan snack di lelayu @KPUSleman @Humas_KPUDIY @KPU_ID @IniSleman,” cuitnya.

Anggaran Rp 15.000 untuk snack KPPS Sleman Diubah Vendor Jadi hanya Rp 2.500 Per Orang
Ketua Divisi Hukum KPU Sleman Ahmad Baehaqi (Ristu Hanafi/detikcom)

Terkait hal itu, Ketua KPU Kabupaten Sleman, Ahmad Baehaqi meminta maaf atas konsumsi yang kurang pantas saat pelantikan KPPS.

“KPU Kabupaten meminta maaf atas kejadian konsumsi snack yang kurang ‘pantas’. Pihak vendor beralasan kalau tidak disubkan, maka tidak mampu melayani calon anggota KPPS yang terlantik sebanyak 24.199 orang. Sehingga, yang tersaji tidak pantas,” kata Ketua KPU Kabupaten Sleman, Ahmad Baehaqi, dalam keterangan tertulis hari ini.

Dirinya meberitahu penyediaan konsumsi pelantikan calon anggota KPPS dilakukan dengan menggandeng pihak ketiga atau vendor yang terdaftar dalam e-katalog. Selain vendor yang meng-subkon-kan penyediaan makanan, Baehaqi menyebut masalah lainnya terkait anggaran snack yang awalnya Rp 15 ribu per orang, namun dalam praktiknya menjadi Rp 2.500.

“Anggaran konsumsi per calon anggota KPPS dalam pelantikan adalah Rp 15 ribu bersih sudah dipotong pajak, tetapi penyajiannya yang diakui vendor adalah Rp 2.500,” ucapnya.

“Pihak vendor beralasan, kalau tidak disubkan, tidak mampu melayani calon anggota KPPS yang terlantik sebanyak 24.199 orang. Sehingga, yang tersaji tidak pantas,” ujarnya.

Baca juga Tampil Memukau, Bharada Rian Gandik Berhasil Menjuarai Laga Kejuaraan Adu Jotos X IBCA MMA Tangerang

Sebelumnya KPU Sleman menggelar rapat dengan pihak vendor. Hasilnya, vendor menyatakan siap memberikan konsumsi sesuai dengan kesepakatan.

“Padahal, sebelum hari pelaksanaan pelantikan, dalam rapat, pihak vendor sudah menyampaikan kesanggupan terkait spesifikasi konsumsi dan kesanggupan melayani jumlah yang terlantik,” ucapnya.

(Redaksi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *