3 Organ Terbesar pada Tubuh Manusia

Mediarilisnusantara.com – Tubuh manusia memiliki 78 organ yang berbeda-beda bentuk, fungsi dan ukurannya. Apakah Kamu tahu apa organ terbesar dalam tubuh manusia?

  1. Kulit

Kulit adalah organ terbesar karena menutupi hampir semua bagian tubuh. Dilansir dari Healthline, kulit hanya setebal 2 milimeter namun menyumbang sekitar 16 persen dari keseluruhan massa tubuh.

Menurut National Geographic, kulit orang dewasa memiliki berat sekitar 3,6 kilogram dan luasnya sekitar 2 meter persegi. Dengan ukuran tersebut, tak heran jika kulit merupakan organ terbesar dalam tubuh manusia.

Lapisan terluar tubuh menutupi seluruh bagian tubuh, seperti wajah, lengan, kaki, perut, dan kepala, serta melindunginya dari lingkungan luar.

  1. Hati

Setelah kulit, organ terbesar manusia selanjutnya adalah hati. Hati adalah organ dalam padat terbesar manusia yang terletak di sisi kanan tubuh. Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention, hati memiliki berat lebih dari 3 pon atau 1,36 kilogram dan berukuran sebesar bola sepak.

  1. Interstitum

Dilansir dari Scientific American, interstitium adalah ruang berisi cairan yang ditemnukan di seluruh jaringan ikat tubuh seperti di bawah permukaan kulit, melapisi saluran pencemaan, paru-paru, sistem kemih, dan otot di sekitarnya.

Karena ditemukan di berbagai tempat di tubuh, interstitium disebut sebagai organ terbesar. Namun, hal ini belum dapat dipastikan karena interstitium merupakan organ yang baru ditemukan.

(Redaksi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *